RUSUNAWA KERKOP Diuji Coba Pascalebaran

Harian Kota Solo - RUSUNAWA KERKOP Diuji Coba Pascalebaran

SOLO-Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo berencana melakukan uji coba pengoperasian rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Kerkop usai Lebaran 2012.

Penegasan itu disampaikan Kepala DPU Solo, Agus Djoko Witiarso, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (5/8/2012). Dia menjelaskan uji coba akan dilakukan selama dua hari. Tujuan uji coba untuk mengetahui apakah instalasi listrik dan air sudah berfungsi baik atau belum. “Bila semua berfungsi baik segera kami proses untuk pemanfaatanya,” kata dia.

Mengenai kerusakan fisik Rusunawa Kerkop lantaran dua tahun mangkrak, menurut Agus masih menjadi tanggung jawab PT Hutama Karya (HK) selaku pelaksana proyek. Sebelum diserahkan kepada Pemkot Solo, Rusunawa Kerkop harus dalam kondisi baik.

Dia mengklaim jumlah peminat Rusunawa Kerkop masih sangat banyak. Tapi hanya sebagian saja yang bisa diproses mengingat keterbatasan kapasitas tampung Rusunawa. DPU bertekat terus mengembangkan Rusunawa sebagai solusi persoalan permukiman kumuh di Kota Bengawan. Selain layak huni, biaya sewa Rusunawa yang relatif terjangkau bisa menjadi alternatif tempat tinggal bagi keluarga yang belum punya rumah.

Meski demikian tidak semua warga berminat tinggal di Rusunawa. Seperti yang terjadi pada Dwi, warga Pucangsawit, Jebres. Dia memilih membeli rumah sederhana di luar Solo dengan cara diangsur. Alasannya Rusunawa tidak bisa memenuhi aspek privasi, kenyamanan dan keamanan.

 


Berita Minggu, 05/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • RAILBUS: “Tiketnya Mau Tak Laminating”
  • Mensos Resmikan Rumah Bersalin Gratis Solopeduli
  • DHARMA WANITA UP3AD Bagikan Bingkisan Ramadan
  • PKL Onderdil Bekas Jl Tentara Pelajar Pindah
  • BP3 PKS SOLO Adakan Survei Internal Kader