DPRD: Pasar Singosaren Tak Cocok Jadi Pasar Tradisional

Harian Kota Solo - DPRD: Pasar Singosaren Tak Cocok Jadi Pasar Tradisional

SOLOâ€"Meski belum ada kejelasan dari pihak ketiga terkait keberlanjutan sewa bangunan Pasar Singosaren namun komisi III menilai gedung berlantai tiga tersebut tidak cocok untuk pasar tradisional.

Penilaian itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto, Jumat (10/8/2012). Menurutnya, bangunan Pasar Singosaren lebih cocok dipertahankan sebagai salah satu pusat pertokoan atau mall.

“Sampai sekarang memang belum ada kejelasan apakah sewa bangunan Pasar Singosaren dilanjutkan ataukah tidak. Sementara belum ada kejelasan saya pikir kalau nantinya dijadikan pasar tradisional dulu tidak cocok lah,” ujar dia.

Alasan mengapa bangunan tidak cocok untuk pasar tradisional, menurut Honda, lantaran pedagang tidak akan mau berjualan di lantai atas. Dia mencontohkan beberapa pasar tradisional berlantai dua di mana pedagangnya lebih suka kembali ke lantai bawah meski menjadi oprokan daripada harus berjualan di lantai atas.

“Kalau mau jualan di lantai II itu apa ya laku? Pasti tidak laku sehingga Singosaren jelas tidak cocok dijadikan pasar tradisional,” ujarnya.

Disinggung mengenai kemungkinan menjadikan Pasar Singosaren sebagai pusat jual beli ponsel, Honda tak menampik adanya potensi. Pasalnya, sekarang ini masyarakat banyak yang mengenal Pasar Singosaren pusat ponsel bekas maupun baru selain sebagai Matahari Departement Store.

Hal senada disampaikan Sekretaris Komisi III, Quatly Abdulkadir Alkatiri. Dia mengatakan, Pasar Singosaren tidak cocok apabila dijadikan pasar tradisional.

“Mumpung masa sewa belum selesai kami sudah minta DPP untuk melakukan kajian mengenai keberadaan lantai dua, cocoknya dijadikan apa. Sampai sekarang kami belum dapat informasi kecuali pengkajian masih berlangsung,” ujarnya. Quatly menambahkan, walau lantai I memungkinkan untuk pasar tradisional namun tidak demikian dengan lantai II.


Berita Sabtu, 11/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • DPP Pasang Spanduk, Larang Pengamen Dan Pengemis Masuk Pasar
  • PENGGALIAN BUNGKER: Ditemukan Sejumlah Artifek di Luar Bungker
  • Petugas Penarik Gerobak Sampah Tagih Rapelan Honor
  • PILKADA JAKARTA, VIDEO SINDIR JOKOWI: Foke Tak Mau Komentar
  • PENEMUAN BUNGKER: Hari ini, Penggalian Bungker Balaikota Dilanjutkan