ANTISIPASI PENUMPUKAN: DKP Siap Angkut Sampah Lebaran

Harian Kota Solo - ANTISIPASI PENUMPUKAN: DKP Siap Angkut Sampah Lebaran

SOLO- Produksi sampah wong Solo, menjelang Lebaran mulai menunjukkan peningkatan beberapa hari terakhir. Hal itu diakui Kabid Persampahan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, Sudiyatono, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (6/8/2012).

Berdasar data tahunan, peningkatan produksi sampah saat Lebaran di kisaran 20 persen hingga 30 persen dari hari biasa. Produksi sampah Kota Solo pada hari biasa sekitar 350 ton/hari. “Biasanya peningkatan volume sampah mulai terlihat H-7 Lebaran. Tapi sekarang pun sudah tampak peningkatan,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah di tempat penampungan sampah (TPS), menurut Sudiyatno, petugas kebersihan telah diperintahkan untuk menambah agenda kunjung ulang TPS. Bila pada hari biasa intensitas kunjung ulang hanya tiga kali/hari, saat ini bisa mencapai empat kali/hari. Tujuannya supaya sampah tidak ngendon lama di TPS.

Saat ini ada 23 armada pengangkut sampah yang rutin menyambangi TPS di Kota Bengawan. Lebih lanjut Sudiyatno mengungkapkan pihaknya sudah membentuk Tim Emergency Hari Raya Lebaran. Tim yang akan beroperasi menggunakan 10 armada pengangkut sampah itu bertanggung jawab terhadap atas kebersihan kota pada waktu Lebaran. “Tim ini nantinya beroperasi penuh selama dua hari Lebaran,” imbuhnya.

Selain Tim Emergency ada juga Tim Pengawas Emergency yang akan bergerak mulai malam takbiran. Salah satu alasan pembentukan tim itu untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi lagi penumpukan sampah beberapa hari setelah Lebaran. Sekitar lima tahun lalu, menurut Sudiyatno, pernah terjadi penumpukan akut sampah pascalebaran. “Dulu sampah alat berat dikerahkan untuk mengatasi sampah yang menggunung,” urai dia.

Sementara salah seorang warga Pucangsawit, Jebres, Cahyono, mengeluhkan kondisi sebagian besar TPS di Solo yang kumuh. Padahal TPS-TPS itu berada di tempat yang mudah dilihat seperti pinggir jalan. Dia mencontohkan TPS di Jl Ir Juanda Pucangsawit yang selalu bau busuk dan sebagian sampahnya meluber ke badan jalan. Sebagian lagi sampah juga jatuh ke kali di dekat TPS.

“Jangan sampai kemeriahan Lebaran terganggu dengan tumpukan sampah,” pesannya.


Berita Selasa, 07/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • THR: Dinsosnakertrans Yakin Pembayaran THR oleh Perusahaan Berjalan Lancar
  • KEBAKARAN GUDANG BAN: Warga Minta Ganti Rugi ke Pemilik Gudang
  • PEMASANGAN CCTV Baru Ditarget Selesai H-7 Lebaran
  • RUSUNAWA KERKOP Diuji Coba Pascalebaran
  • RAILBUS: “Tiketnya Mau Tak Laminating”