PKL Onderdil Bekas Jl Tentara Pelajar Pindah

Harian Kota Solo - PKL Onderdil Bekas Jl Tentara Pelajar Pindah

SOLO- Pedagang kaki lima (PKL) onderdil bekas di Jl Tentara Pelajar Solo, Jumat (3/8/2012), akhirnya membongkar lapak/kios mereka. Pembongkaran disaksikan oleh petugas Satpol Pamong Praja (PP).

Satu kendaraan truk dan mobil patroli Satpol PP dikerahkan untuk membantu mengangkut dagangan PKL ke lokasi baru berjualan di Selter Pedaringan. Berdasar pengamatan Solopos.com, belum semua pedagang langsung menempati selter. Alasannya penyiapan selter dan pembuatan selter tambahan belum rampung.

Ketua Paguyuban PKL Besi Tua Onderdil Mobil Jl Tentara Pelajar, Maryono, ditemui Solopos.com mengakui hal itu. Tapi menurut dia kondisi tersebut tidak jadi masalah. Pedagang yang belum bisa langsung berjualan memilih membawa dagangan mereka ke rumah. “Kendala saat ini ya hanya selter di lokasi baru belum siap 100 persen. Sebagian besar selter belum berpintu sehingga tidak aman untuk menyimpan dagangan,” katanya.

Sampai saat ini pedagang terus mengebut penyiapan selter di Pedaringan yang baru mencapai sekitar 75 persen. Dari segi jumlah menurut Maryono sudah tidak jadi masalah. Sebab pedagang bisa menyiasati keterbatasan selter dengan cara memasang sekat dan membuat selter tambahan. Kendati sebelumnya dipermasalahkan oleh direksi Perusda Pusat Pergudangan Kota (PPK) Pedaringan, selter tambahan sudah selesai dibangun.

Untuk pengoperasiannya tinggal menunggu finishing seperti pemasangan pintu penutup. Maryono memperkirakan penyiapan selter baru untuk berjualan di Pedaringan baru selesai pertengahan pekan depan. Dia optimistis tempat baru berjualan di Pedaringan akan membawa hoki. Sebab lokasinya lebih strategis karena cukup dikenal dan areanya luas.

Sedangkan Kepala Satpol PP Kota Solo, Sutarjo, menjelaskan rencana pemindahan PKL onderdil bekas sudah lama. Alasannya lokasi berjualan mereka terlalu dekat dengan badan Jl Tentara Pelajar. Sehingga membahayakan pengguna jalan dan konsumen para PKL. Dalam prosesnya 23 PKL onderdil bekas setuju pindah ke Selter Pedaringan. “Seharusnya akhir bulan Juli mereka sudah harus bongkar lapak. Kami beri toleransi hingga awal Agustus ini,” terangnya.

Sutarjo mengakui sempat timbul masalah terkait pemindahan PKL ke Selter Pedaringan. Menurut dia otoritas PPK Pedaringan sempat keberatan dengan pembuatan selter tambahan di Selter Pedaringan. Tapi setelah dilakukan pembicaraan akhirnya otoritas PPK Pedaringan dapat menerimanya.


Berita Jumat, 03/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • BP3 PKS SOLO Adakan Survei Internal Kader
  • DPD PAN Jaring Bacaleg
  • JOKOWI-AHOK WEDANGAN, Warga pun Enggan Beranjak
  • PASAR KLEWER: FS Belum Selesai, DED Mulai Dilelang
  • Batal Digelar di Solo, Dana SIEM Didrop