Putaran II Pilkada DKI Bakal Sengit

Harian Kota Solo - Putaran II Pilkada DKI Bakal Sengit

SOLO-Pertarungan politik menjelang putaran kedua Pilkada DKI Jakarta semakin sengit menyusul bergabungnya sejumlah partai politik (Parpol) dalam koalisi besar pendukung Foke-Nara.

Bahkan peluang kedua pasangan calon, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara) selaku incumbent dengan kubu penantang, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja (Jokowi-Ahok) disebut sama-sama besar alias 50:50.

Namun Jokowi-Ahok sedikit lebih unggul karena mengusung tema perubahan. Selain itu juga karena faktor tingginya aksebtabilitas pasangan penantang. Hal itu seperti disampaikan pemerhati politik dari Kota Solo, Andrik Purwasito, kepada Solopos.com, Rabu (22/8/2012).

Menurut dia sosok Jokowi yang dekat dengan masyarakat menengah ke bawah bakal berperan besar dalam menentukan hasil pemilihan putaran kedua. “Selain faktor bekerjanya mesin Parpol, tema perubahan yang diusung Jokowi-Ahok menjadi magnet kuat bagi para pemilih. Di samping juga faktor figur,” katanya.

Isu Sara

Mengenai santernya isu suku, agama dan ras (Sara) yang dihembuskan kepada pasangan penantang menjelang putaran kedua, Andrik melihat justru menguntungkan Jokowi-Ahok. Sebab pasangan penantang terkesan dizalimi.

Pendapat senada disampaikan oleh pakar politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Moh Jamin. Menurut dia bergabungnya sejumlah Parpol dalam koalisi besar pendukung Foke-Nara membuat peluang Jokowi-Ahok lebih berat dibanding sebelumnya.

Meski demikian dia melihat Jokowi-Ahok sedikit lebih unggul karena faktor sosok Jokowi yang terkenal santun dan dekat dengan rakyat kecil. Apalagi, Jamin melanjutkan, tidak ada jaminan kader partai bakal memberikan suara mereka sesuai garis kebijakan partai.

Hal itu terbukti pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta dimana suara kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terpecah. “Koalisi besar membuat peluang Jokowi-Ahok lebih berat dibanding situasi pada putaran pertama,” ujarnya.


Berita Rabu, 22/8/2012 21:44 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • PILKADA JAKARTA: Cuti Jokowi Diproses
  • Layanan Spesialis RSUD Banjarsari Tutup
  • Kantor Kelurahan Libur 2 Hari
  • Pengerukan Sedimentasi Anak-Anak Sungai Sisi Selatan Dilakukan Manual
  • PENYERANGAN POS POLISI GLADAK: Jokowi Minta Masyarakat Waspada