PENEMUAN BUNGKER: Hari ini, Penggalian Bungker Balaikota Dilanjutkan

Harian Kota Solo - PENEMUAN BUNGKER: Hari ini, Penggalian Bungker Balaikota Dilanjutkan

OLO–Hari ini, Jumat (10/8/2012), penggalian bungker di bekas reruntuhan gedung PKK kompleks Balaikota Solo, bakal dilanjutkan kembali. Ketua tim penggalian, M Chawari, Kamis (9/8/2012), mengatakan penggalian di parit kedua belum diketahui karena posisinya lebih tinggi.

“Besok [hari ini] kami akan melanjutkan dengan mengejar arah parit pertama ke arah itu dan membuat parit ketiga untuk menentukan batas paling timur dari bungker,” jelas Chawari.

Parit kedua belum diketahui hasilnya karena posisinya lebih tinggi. Tim dijadwalkan melakukan penggalian hingga Senin (13/8). Chawari mengatakan waktu sesingkat itu memang takkan cukup untuk menggali dan mengidentifikasi bungker. Namun sesuai tujuan awal, penggalian itu memang sekadar untuk memastikan keberadaan bungker.

“Saya belum berani menyimpulkan, masih terlalu dini. Dari konstruksinya yang berbahan batu bata itu adalah khasnya Belanda. Kalau Jepang biasanya membuat bungkernya horisontal melubangi bukit dan memakai cor-coran. Tapi masih perlu pengkajian untuk sampai pada kesimpulan itu,” papar Chawari.

Sementara itu, Penanggung jawab Publikasi BP3, Wahyu Kristanto, juga mengatakan masih perlu penelitian panjang untuk memastikan apakah bungker itu masuk cagar budaya atau bukan. “Kami harus menunggu hasil penggalian tim Balar kemudian mengkaji. Kalau bangunan itu dinilai cukup penting baik dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain, maka layak diusulkan sebagai cagar budaya,” ujarnya.


Berita Jumat, 10/8/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • 6 KELOMPOK USAHA MAKANAN Peroleh Bantuan
  • PENGGALIAN BUNGKER BALAIKOTA SOLO: Tim Kerja 5 Hari Gali Bungker
  • PILKADA JAKARTA: “Kampanye” Foke Sindir Jokowi Beredar di Youtube
  • HPTPPK: Penertiban Pedagang Bermobil Tak Efektif
  • Malam Selikuran, Satukan Ihwal Religi dan Tradisi