SOLO TECHNO PARK: Program Pelatihan Teknisi Pesawat Terbang di STP Digelontor Rp 2,7 M

Harian Kota Solo - SOLO TECHNO PARK: Program Pelatihan Teknisi Pesawat Terbang di STP Digelontor Rp 2,7 M

SOLO–Program pelatihan teknisi pesawat terbang di Solo Techno Park (STP) bakal mendapatkan kucuran dana senilai Rp2,7 miliar dari APBD Perubahan (APBD-P) kota tahun 2012.

Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD, mengemukakan alokasi dana untuk mendukung program pelatihan teknisi pesawat terbang yang diadakan atas kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) dengan PT Garuda Maintenance Facility (GMF) tersebut disepakati oleh Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam rapat sinkronisasi tentang kebijakan umum perubahan anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUPA-PPAS) APBD-P 2012.

Diungkapkan Supriyanto, pembahasan tentang dana tersebut sempat berjalan alot. Dalam rapat, Banggar menilai peranan STP dalam mengentaskan pengangguran di Solo belum optimal. “Karena kami melihat sejauh ini keberadaan STP belum optimal, khususnya untuk mengurangi tingkat pengangguran di Solo,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (31/7/2012).

Meskipun demikian, akhirnya Banggar dan TAPD sepakat mengalokasikan dana senilai Rp2,7 miliar, yang terbagi senilai Rp2 miliar untuk mendukung program pelatihan teknisi pesawat terbang dan Rp700 juta untuk menyempurnakan gedung yang digunakan sebagai tempat pelatihan tersebut.

“Kami memberikan catatan bahwa siswa yang mengikuti pelatihan tersebut harus mendapatkan jaminan kerja, terlebih dengan ketatnya ujian seleksi untuk bisa mengikuti pelatihan tersebut,” tegasnya.

Lulusan SMA

Mengingat dana yang dikucurkan untuk program itu bersumber dari APBD Kota Solo, pihaknya menegaskan dana itu harus dimanfaatkan untuk siswa yang berasal dari Kota Solo. Sementara dihubungi melalui ponselnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Solo, Anung Indro Susanto, membenarkan adanya alokasi dana senilai Rp2 miliar untuk mendukung program pelatihan teknisi pesawat terbang di STP.

Hal itu menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot dengan PT GMF terkait pelatihan tersebut. “Dana Rp2 miliar tersebut akan dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pelatihan, mencakup peralatan praktek teknisi pesawat terbang. Jadi nanti masing-masing siswa akan mendapatkan satu paket atau perangkat peralatan untuk pelatihan teknisi tersebut,” terang Anung.

Anung menjelaskan saat ini program pelatihan teknisi pesawat terbang itu mulai dibuka dan ditawarkan kepada lulusan SMA jurusan IPA dan SMK jurusan mesin. Kuota yang tersedia saat ini sebanyak 24 siswa.


Berita Selasa, 31/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • REHAB MASJID AL WUSTHO Dapat Rp250 Juta
  • Komisi I DPRD Sidak Pembangunan Kantor Kelurahan
  • UPAL: Kelurahan Waspadai Pembayaran Raskin dengan Upal
  • MTI Desak Pemerintah Subsidi Prameks
  • YAYASAN AL IKHWAN Impikan Kampung Tunanetra