Walah, Warga Satu RT di Mojosongo Harus Urus Ulang E-KTP

Harian Kota Solo - Walah, Warga Satu RT di Mojosongo Harus Urus Ulang E-KTP

SOLO–Warga RT 009/ RW 009 Kelurahan Mojosongo Kelurahan Jebres harus mengurus ulang pembuatan KTP elektronik (e-KTP) karena alamat yang tercantum dalam KTP tersebut tidak sesuai

Lurah Mojosongo Agus Triyono, Selasa (24/7/2012), menjelaskan kesalahan yang terjadi adalah pada penulisan RT. Dalam e-KTP, warga RT009/ RW009 sebanyak 55 Kepala Keluarga (KK) itu tertulis beralamat di RT 005/ RW 009. Kesalahan itu, kata dia akibat dari pemekaran RT 005/ RW 009 beberapa bulan lalu. RT 005/ RW 009 dipecah menjadi dua RT karena memiliki penduduk lebih dari 105 KK. Jumlah warga per KK diperkirakan 3-4 orang. “Pemekaran RT terjadi setelah proses pendataan e-KTP selesai. Jadi datanya sudah terlanjur salah,” ungkapnya saat ditemui Espos, Selasa, di ruang kerjanya.

E-KTP warga RT 009/ RW 009, kata Agus, harus segera diganti dengan alamat yang benar. Menurutnya proses pengubahan itu bakal memakan waktu panjang. Saat ini pihak kelurahan tengah meminta pertimbangan dinas terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Agus mengatakan, sementara waktu pihak kelurahan hanya bisa melayani pengubahan Kartu Keluarga (KK). Pasalnya pengubahan KK tidak memakan waktu lama dan cukup dilakukan di kelurahan dan kecamatan. “Meski demikian, penduduk yang sudah mengubah data dalam KK-nya hanya sedikit. Kesadaran penduduk itu memang masih kurang,” tambahnya.

Meski alamat yang tercantum dalam e-KTP keliru, Agus, menjelaskan sementara waktu warga tetap dilayani dengan menggunakan alamat lama sembari menunggu proses pembuatan e-KTP baru. Sementara untuk pelayanan-pelayanan tertentu yang mewajibkan menggunakan alamat asli, pihak kelurahan bersedia menyediakan surat keterangan sementara kepada warga yang bersangkutan.


Berita Selasa, 24/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • FORUM ANAK Diharapkan Jadi Embrio KTI
  • SOLO BATIK CARNIVAL Berkesempatan Tampil di Pasadena Tournament of Roses
  • E-KTP: Ramadan, Jadwal Distribusi Malam Hari Ditiadakan
  • LALU LINTAS Terganggu, Komisi II Soroti Rehab Jl Slamet Riyadi
  • SIDAK PASAR: Dispertan Temukan Daging Sapi Glonggongan di Pasaran