Semangat Bertakwa di Tarling SOLOPOS…

Harian Kota Solo - Semangat Bertakwa di Tarling SOLOPOS…

Tak seperti  biasa, Kamis (26/7/2012) malam, halaman Griya Solopos dipadati peserta Tarawih Keliling (Tarling) dan Pengajian Ramadan 1433 Hijriah. Berbondong-bondong jemaah salat Isya dan Tarawih itu mulai mendatangi halaman Griya Solopos sejak pukul 18.30 WIB. Hingga salat Isya dimulai masih saja ada jamaah yang datang.

Kegiatan yang juga digelar untuk memperingati HUT ke-15 SOLOPOS ini cukup banyak diikuti warga. Jemaah pria meluber hingga ke luar halaman Griya Solopos. Berdasarkan pantauan Solopos.com, tarling dan pengajian juga dihadiri beberapa pejabat Kota Solo seperti Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in; Wakil Ketua DPRD Solo, M Rodhi dan sejumlah anggota DPRD Solo. Bahkan tidak sedikit peserta tarling berasal dari luar Solo.

”Saya sengaja meniatkan datang ke pengajian ini bersama suami saya. Ini sudah ketiga kalinya saya datang ke sini [Tarling SOLOPOS],” ucap Yuliani, warga Baki, Sukoharjo.

Acara tarling diawali dengan Salat Isya berjemaah dilanjutkan tarawih yang diimami oleh Imam Masjid Agung Solo, Ustaz Muhammad Zumroni Masykuri. Malam religius itu dilanjutkan dengan pengajian oleh Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo Sragen, KH Makruf Islamuddin.

Dalam tausiahnya, Makruf menekankan agar dakwah harus jauh dari kebencian. Dia mencontohkan jika melihat ada umat Islam yang tidak puasa harus diberi pengertian dengan cara yang halus. ”Jangan dibenci tapi doakan. Jauhkan benci dari hati,” terang dia dalam tausiahnya.

Dalam kesempatan itu, Makruf juga mengajak jemaah untuk membangkitkan semangat ketakwaan selama Ramadan. Berulang kali dia mengajak jemaah untuk memanfaatkan bulan Ramadan sebaik-baiknya. ”Yang penting niatnya. Harus diawali dengan ikhlas,” ucap Makruf.

Suasana khusyuk kadang mencair saat Makruf menyelipkan humor saat berceramah. Hal seperti itu memang sering ia lakukan setiap kali mengisi acara pengajian. Diiringi nyanyian dari grup hadrah Solawat Rebana Walisongo, tarling dan pengajian di SOLOPOS semakin membuat peserta enggan beranjak hingga berakhir pukul 22.00 WIB.Keberadaan Makruf memang menjadi magnet tersendiri bagi sejumlah jemaah.

”Saya kalau ikut acara seperti ini lihat pengisi pengajiannya. Pengisi pengajian ini enak banget, saya suka. Biasanya ke mana pun Pak Makruf mengisi, saya selalu ikuti,” ungkap Sukriyah, warga Cemani, Grogol, Sukoharjo, penuh semangat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Pemimpin Umum SOLOPOS, Danie H Soe’oed, mengucapkan terima kasih kepada jemaah yang hadir dalam acara itu. ”Kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan para peserta tarling. Ini merupakan agenda rutin kami,” ucap Danie saat memberikan sambutan.


Berita Kamis, 26/7/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • RAMADHAN: Di Pinggir Rel Kereta Api Ngabuburit Tak Kalah Asyik
  • Masih Kurang 92.000, Distribusi E-KTP Molor
  • Walah, Warga Satu RT di Mojosongo Harus Urus Ulang E-KTP
  • FORUM ANAK Diharapkan Jadi Embrio KTI
  • SOLO BATIK CARNIVAL Berkesempatan Tampil di Pasadena Tournament of Roses