SIEM 2012: Dewan Kawal Penyelenggaraan SIEM 2012 Jika di Balekambang

Harian Kota Solo - SIEM 2012: Dewan Kawal Penyelenggaraan SIEM 2012 Jika di Balekambang

SOLO-Jika benar-benar dihelat di Taman Balekambang, maka Komisi IV DPRD Kota Solo bakal mengawal penyelenggaraan Solo International Ethnic Music (SIEM) 2012. Hal itu untuk memastikan tidak ada dampak negatif terhadap taman tersebut, khususnya terhadap flora dan fauna di dalamnya.

Hal itu ditegaskan anggota Komisi IV DPRD Kota Solo, Paulus Haryoto, menyikapi sikap Pemerintah Kota (Pemkot) dan panitia penyelenggara SIEM 2012 yang ngotot menggelar kegiatan itu di Taman Balekambang. Paulus mengaku sepakat dengan rencana panitia untuk memindahkan sementara hewan-hewan di Taman Balekambang selama event itu berlangsung. Namun pihaknya tetap merasa sangsi pemindahan itu tidak membuat hewan-hewan tersebut stres.

“Dan kalau hewan-hewan itu dipindah, akan dipindahkan ke mana?” tanya Paulus ketika ditemui wartawan di ruang Komisi IV DPRD, Rabu (13/6/2012).

Paulus menambahkan pihaknya juga akan mengawasi ketat dan melihat apakah nantinya pascapenyelenggaraan SIEM 2012 akan membawa dampak di taman tersebut. Jika nantinya terjadi kerusakan, dirinya mempertanyakan siapa yang harus bertanggung jawab untuk memperbaiki.

“Sebab Taman Balekambang ini merupakan sebuah kawasan yang memang digunakan untuk pelestarian flora dan fauna. Kalau nantinya ternyata rusak karena penyelenggaraan event tersebut kan sangat disayangkan? Maka dari itu, kami akan kawal kalau memang SIEM 2012 itu nantinya benar-benar digelar di sana,” tegasnya.

Paulus menilai sebelum menetapkan lokasi penyelenggaraan SIEM 2012 di Taman Balekambang, seharusnya Pemkot dan panitia penyelenggara mempertimbangkan berbagai hal. “Bukan semata-mata karena branding (pencitraan-red), tapi semestinya dipertimbangkan faktor lainnya seperti pelestarian hewan-hewan dan tanaman di taman tersebut,” katanya.

Sementara anggota Komisi IV lainnya, Reny Widyawati mengemukakan penyelenggaraan SIEM 2012 di Taman Balekambang membutuhkan persiapan khusus. “Ya semestinya dari panitia penyelenggara sudah memperhitungkan, khususnya ketersediaan lahan parkir. Memang selama ini Taman Balekambang sudah sering digunakan untuk berbagai kegiatan, tapi kalau untuk SIEM yang penontonnya dari berbagai penjuru dan kalangan, apakah kondisinya memungkinkan?,” tanya Reny.


Berita Rabu, 13/6/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • KATEGORI RISTI: Berisiko, 1.022 Ibu Hamil Berada dalam Pengawasan
  • KONFLIK KERATON SOLO: Tedjowulan Sampaikan Surat Permohonan Maaf Lewat Pemkot dan Muspida
  • PEMBEBASAN LAHAN TOL: Lebih Cepat Lebih Baik