JUMENENGAN KERATON: Ratusan Petugas Berjaga di Keraton, Jumenengan Aman

Harian Kota Solo - JUMENENGAN KERATON: Ratusan Petugas Berjaga di Keraton, Jumenengan Aman

SOLO–Kelancaran pelaksanaan Tingalan Jumenengan tak terlepas dari peran serta petugas kepolisian. Hal ini terlihat dari kesiagaan ratusan petugas keamanan yang berjaga di kawasan Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta, Jumat (15/6/2012).

Pantauan Solopos.com, sekitar 400-an petugas yang tersebar di beberapa titik berjaga di lokasi Tingalan Jumenengan di Sasono Sewoko. Selain itu, petugas juga menerjunkan satu unit mobil anti huru hara (Baracuda) dan satu unit mobil Gegana yang disiagakan di kawasan Keraton. Petugas terfokus pada pengamanan di depan pintu utama masuk Keraton (Kamandungan). Bahkan, setiap orang yang melewati kawasan Keraton tak luput dari pengamatan petugas.

“Petugas kami sebar di enam titik akses masuk Keraton. Penjagaan ini sebagai dukungan terwujudnya keamanan dan kenyamanan saat proses Tingalan Jumenengan ndalem,” papar Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in, saat ditemui wartawan, di kawasan Keraton, Jumat.

Asjima’in mengatakan pengamanan itu melibatkan ratusan personel yang merupakan tim gabungan TNI dan Polri. Rinciannya, sebanyak 300-an personel polisi dibantu satuan Brimob Detacemen C Pelopor Polda Jawa Tengah dan satu unit SSK anggota TNI dari Korem 074/ Warastratama, Solo. Sisanya, petugas dari berbagai satuan turut bersiaga. Tim gabungan dilengkapi dengan persenjataan. Kapolresta membantah bahwa ada isu keributan saat Tingalan Jumenengan.

Sebab, sebelum acara sempat terjadi insiden bersitegang lantaran pintu Kamandungan masih terkunci. “Kondisi sudah aman. Tidak ada keributan. Jangan percaya pada isu-isu negatif lainnya. Pihak sentana sudah berkomunikasi dengan baik,” papar mantan Kapolres Purworejo ini.


Berita Jumat, 15/6/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • PASAR DEPOK: Pembangunan Taman Pasar Burung Depok Terganjal
  • WALIKOTA JOKOWI Rayu Air Asia
  • ESEMKA: 17 Agustus, Esemka Bakal Dideklarasikan Sebagai Mobil Karya Anak Bangsa
  • MOBIL ESEMKA: 18 Juni Esemka Jalani Free Test
  • SIEM: Walikota Keberatan Lokasi Dipindah dari Balekambang