ANGKA PERCERAIAN di Solo Turun

Harian Kota Solo - ANGKA PERCERAIAN di Solo Turun

SOLO–Meningkatnya jumlah pernikahan menjelang Ramadan, rupanya berbalik arah dengan jumlah kasus perceraian di Kota Solo. Data dari Pengadilan Agama (PA) Kota Solo menyebutkan, jumlah kasus perceraian dalam beberapa bulan terakhir ini cederung turun dibandingkan kasus perceraian beberapa bulan sebelumnya.

Panitera Muda Hukum PA Solo, Wassalam, menyebutkan angka perceraian terhitung Maret, April, Mei tahun ini mencapai 225 kasus. Angka tersebut lebih kecil dibandingkan kasus perceraian pada tiga bulan sebelumnya yang mencapai 246 kasus. “Rata-rata setiap bulan mencapai 70-an kasus perceraian. Namun, tiga bulan terakhir ini cedenrung turun dibandingkan beberapa bulan sebelumnya,” paparnya kepada Solopos.com, Kamis (21/6/2012).

Menurut Wassalam, kasus perceraian di Kota Solo rata-rata masih didominasi oleh gugatan istri. Dengan kata lain, yang meminta cerai paling banyak ialah pihak istri. Ada sejumlah faktor yang memicu gugatan cerai tersebut. Menurut catatan PA Solo, faktor ketidakharmonisan dan ketidakpuasan istri kepada suaminya menempati urutan kedua setelah faktor suami tak bertanggungjawab.

Terpisah, Lurah Sangkrah Pasar Kliwon, Mahendra Nugrahadi, menyebutkan bahwa jumlah warganya yang meminta formulir data untuk perlengkapan administrasi nikah beberapa bulan terakhir ini naik sekitar 40%. Naiknya angka itu sudah menjadi tren setiap kali menjelang Ramadan dan setelah Ramadan. “Rata-rata, sebulan ada 8-10 calon pasangan yang meminta formulir diri N1-N4,” terangnya.


Berita Kamis, 21/6/2012 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • SIEM Tetap Digelar di Taman Balekambang
  • KHATAMAN: Ribuan Orang Hadiri Khataman Sahih Bukhori
  • TAMAN BALEKAMBANG: Komisi III Desak Iuran Sukarela Di Balekambang Distop
  • DESAIN BARU Galabo Disetujui DPRD
  • TEDJOWULAN Bakal Legalisisasi Gelar Kebangsawanan