Optimalkan Pemasaran, Sentral Tanaman Hias Solo Akan Bangun Greenhouse

Harian Kota Solo - Optimalkan Pemasaran, Sentral Tanaman Hias Solo Akan Bangun Greenhouse
SOLO – Sub Terminal Agrobisnis Sentra Tanaman Hias (STA) Solo akan membangun tempat budidaya khusus bagi tanaman hias (greenhouse) di pasar tanaman hias Pucangsawit, Pucangsawit, Jebres sekitar akhir September mendatang.

Ketua STA, Sularto, 56, mengharapkan, pembangunan greenhouse tersebut nantinya dapat mengatasi masalah pemasaran dan transportasi yang selama ini dirasakan pedagang tanaman hias di Solo. “Pembangunan ini adalah tindak lanjut dari proposal yang kami ajukan pada Dinas Pertanian Solo. Untuk mematangkan persiapan, pada 20 September mendatang para pedagang pasar tanaman hias Pucangsawit akan melakukan studi banding ke Sukabumi Jawa Barat,” katanya.

Menurutnya, studi banding tersebut nantinya akan digunakan untuk menentukan tanaman hias apa yang diunggulkan STA Solo sebagai komoditas utama. “Hingga saat ini kami belum memiliki satu jenis tanaman hias unggulan, berbeda dengan STA di Sukabumi yang punya Pucuk Merah (Oleina Syzygium) sebagai tanaman unggulan mereka,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, salah satu pedagang tanaman hias di pasar tanaman hias Pucangsawit, Jumadi, 55, mengatakan, saat ini ia bersama rekan-rekannya masih terus mencari tanaman hias pengganti tanaman Gelombang Cinta (Anthurium Plowmanii) yang sebelumnya merupakan tanaman unggulan STA Solo.


Berita Senin, 03/9/2012 10:31 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • Di Balekambang Para Lansia Mengulangi Kenangan Masa Kecil
  • AKSI TERORISME SOLO: Pemkot Rencanakan Gelar Apel Solo Damai
  • Pedagang Klithikan Sampaikan Dukungan Jokowi DKI I
  • Baru Dua Parpol Serahkan Berkas ke KPU Solo
  • KONFLIK SYIAH: Di Solo, Tak Ada Masalah Hubungan Syiah dan Umat Lain