AKSI TERORISME SOLO: Pemkot Rencanakan Gelar Apel Solo Damai

Harian Kota Solo - AKSI TERORISME SOLO: Pemkot Rencanakan Gelar Apel Solo Damai

SOLO–Pascapenggerebakan orang-orang yang diduga pelaku aksi teror di sejumlah pos penjagaan polisi di Kota Solo, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menggelar Apel Solo Damai yang diikuti 2.000 peserta.  Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Kegiatan itu direncanakan akan berlangsung, Selasa (04/09/2012).

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, menerangkan apel digelar guna mengajak masyarakat untuk lebih banyak memainkan peran mereka dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Apel ini bukan dalam rangka show force, memamerkan [kekuatan], tetapi kami ingin menggugah bahwa keamanan adalah urusan semua. Saya bukan mengatakan aparat tidak mampu, tetapi banyak memainkan peran masyarakat,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (01/09/2012), di Balaikota.

Diterangkannya, selama ini berbagai kegiatan untuk pengawasan keamanan lingkungan mulai dilupakan. Dicontohkannya, kegiatan seperti pengamanan masyarakat swakarsa (pam swakarsa) serta kegiatan ronda saat ini sudah hilang.

“Ini bukan program baru, kewajiban kita masih banyak yang terlewatkan atau tidak dikelola dengan baik,” tambahnya.

Sementara, Wawali FX Hadi Rudyatmo mengatakan apel itu akan diikuti unsur masyarakat seperti LPMK, RT, RW dan Ormas. Tak ketinggalan unsur Polri dan TNI.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pentingnya siskamling sebagai wujud partisipasi masyarakat,” ujarnya kepada wartawan seusai menghadiri jumpa pers bersama Kapolri di Aula Mapolres, Sabtu.


Berita Sabtu, 01/9/2012 14:34 - sumber: Solopos

Berita Lainnya:
  • Pedagang Klithikan Sampaikan Dukungan Jokowi DKI I
  • Baru Dua Parpol Serahkan Berkas ke KPU Solo
  • KONFLIK SYIAH: Di Solo, Tak Ada Masalah Hubungan Syiah dan Umat Lain
  • Tinjau Lapangan, Tim Juri Pusat Nilai Solo Hebat!
  • Anggota Grup Senam PMS Ikuti Halalbihalal